Latest News :

Pahlawan

Posted by at Tuesday 15 November 2016

Definisi dari kata Pahlawan


-Kata "pahlawan" berasal dari bahasa Sansekerta phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama.
-Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.
-Kepahlawanan adalah tindakan seorang pahlawan,yaitu suatu sikap yang dimiliki seseorang dan menunjjukan jiwa atau sifat keberanian,keperkasaan,kegagahan,dan kerelaan untuk berkorban dalam membela kebenaran dan keadilan.
-Pahlawan sejati adalah seseorang yang secara pribadi berjuang untuk kebaikan dan kejujuran yang dilandasi oleh semangat dan keihlasan untuk melakukan setiap tindakan nyata karena menjadi seorang pahlawan tidak selalu harus secara legal formal.
-Globalisasi adalah proses dimana hubungan sosial dan kesalingtergantungan antarnegara dan antarmanusia di dunia ini semakin besar.
-Pancasila merupakan ideologi bangsa yang mengandung nilai-nilai budaya bangsa indonesia, yaitu cara berfikir dan cara kerja perjuangan. Yang perlu dipahami dengan latar  belakang sejarah, kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.
-Karakteristik seorang pahlawan yaitu orang mempunyai nilai-nilai positif dalam lingkungan kehidupan.
-Kejujuran adalah klise yang tak pernah kadaluwarsa.
-Nilai kepahlawanan yaitu bersifat heroisme, patriotisme dan nasionalisme sebagai pencerminan watak generasi sebelumnya.
-Para pejuang saat ini adalah mereka yang bersungguh-sungguh, rela berkorban, teguh pendirian ulet dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan mereka bisa perprofesi sebagai pengusaha, pelajar,pejabat, guru, dosen dan apapun profesinya.

Dalam aturan resmi Indonesia. pahlawan nasional Indonesia adalah:
1.  Warga Indonesia yang telah meninggal dunia.
2.  Telah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata, perjuangan politik, atau perjuangan dalam bidang lain     mencapai/merebut/mempertahankan/mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
3.  Telah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara.
4.  Telah menghasilkan karya besar yang mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat      bangsa Indonesia
5.  Pengabdian dan perjuangan yang dilakukannya berlangsung hampir sepanjang hidupnya, tidak sesaat, dan melebihi tugas yang     diembannya.
6.  Perjuangannya mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.
7.  Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan/nasionalisme yang tinggi.
8.  Memiliki akhlak dan moral yang tinggi.
9.  Pantang menyerah pada lawan ataupun musuh dalam perjuangannnya.
10. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang merusak nilai perjuangannya.

Jiwa Kepahlawanan

Kepahlawanan adalah tindakan seorang pahlawan,yaitu suatu sikap yang dimiliki seseorang dan menunjjukan jiwa atau sifat keberanian,keperkasaan,kegagahan,dan kerelaan untuk berkorban dalam membela kebenaran dan keadilan.

Orang yang memiliki jiwa kepahlawanan ciri-cirinya yaitu memiliki keberanian,selalu bertanggung jawab, dan rela berkorban, kepahlawanan merupakan sikap kesatria, berani, terpuji dalam membela kebenaran. Sikap kepahlawanan telah di tunjukkan oleh para pendahulu kita ketika mengusir penjajah untuk mencapai kemerdekaan.
Adapun sifat-sifat yang perlu di teladani dari para pahlawan yaitu:
1.      Rela berkorban,
2.      Pengabdian,dan
3.      Semangat juang.
Untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kita dpat turut berperan aktif dalam pembangunan di segala bidang sesuai kemampun Masing-masing. Dengan demikian, setiap warga negara pun dapat menjadi seorang pahlawan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat bangsa dan negara.


Nilai-nilai Perjuangan Bangsa Indonesia

Dengan melihat definisi nilai tersebut, maka dalam konteks ke Indonesiaan, kita bisa menyebutkan bahwa nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanan yang dapat mempersatukan bangsa ini terbagi menjadi dua yaitu :
1.        Sebelum kemerdekaan nilai-nilai itu terangkum dalam istilah MERDEKA.
Merdeka ini dianggap amat bernilai tinggi dan menjadikan wilayah jajahan  Hindia Belanda bersatu padu. Menghilangkan sisi-sisi perbedaan dan mengedepankan toleransi. Kata-kata merdeka begitu di rindukan oleh semua pihak, mulai dari gerakan Budi Utomo, Serikan Islam, Sumpah Pemuda dan perjuangan-perjuangan lokal yang lain.
2.        Setelah merdeka di carilah semua kepentingan suku-bangsa ini melalui wakil-wakilnya dan semua sepakat untuk menjunjung tinggi kesamaan nilai-nilai yang terangkum dalam istilah  PANCASILA (lima sila/point).
Suatu nilai dasar yang telah digali ini, diambil dari semua golongan yang ada dan kemudian ditetapkan sebagai dasar kesepahaman untuk bergabung dan menyatukan diri dalam suatu negara yaitu negara Indonesia.

Lima Sila perjuangan yaitu :
1.      Ketuhanan yang maha esa
2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.      Persatuan Indonesia
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dari nilai-nilai kejuangan yang didasari rasa cinta ini muncul semangat juang dan semangat kepahlawanan: yaitu
1.  Nilai rela berkorban,
2.   Nilai persatuan dan kesatuan,
3.   Nilai kerja sama,
4.   Nilai harga- menghargai dan memiliki rasa bangga terhadap negaraNya,


Share this Post :

0 komentar:

Powered by Blogger.

About Me

Followers